Subscribe Us

header ads

RESUME KE 19, ERA TEKNOLOGI BEBAS NAMUN TANGGUNG JAWAB

APKS PB PGRI

 PELATIHAN

GUR MOTIVATOR LIYERASI DIGITAL 

( GMLD )

SENIN, 13 DESEMBER 2021


Pertemuan ke          :  19

Materi                      : Era Teknologi Bebas Namun Tanggung Jawab

Nara sumber             : Ibu Rifatun

Moderator                 : Ibu Rosminiyati.

Pukul                         : 16.00 - 18.00 WIB

Daring                        : VIA WA GRUP.


.Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuhu

Alhamdulillahirobbil "alamin, puji syukur selalu kupanjatkan kehadirat Alloh SWT, karena hanya limpahan rahmat dari Alloh saya bisa menulis kembali setelah satu minggu terasa kurang enak badan alias sakit. ku coba dari petemuan 19, dilanjut pertemuan - pertemuan sebalumnya yang tertinggal. Semoga bisa. Aamiin.

Pada pertemuan ke 19 ini seperti biasa moderator ( ibu Rosminiyati ) membawi waktu menjadi 4 sesi yaitu :

1. Pembukaan.

2. Penjabaran materi,

3. Tanya - Jawab.

4 .Penutup.


💙 SESI 1 Pembukaan.

      Pertemuan di buka dengan bacaan Basmallah, dan berdoa sejenak sesusi agama dan keyakinan     

      masing - masing.

💙 SESI 2. Pemaparan materi. dari ibu Rifatun.

- Diawali dengan pertanyaan Apakah yang dimaksud dengan era teknologi?

  Ada 4 orang yang menjawab yaitu ibu Sumintarsih, Ibu umi Agus farida, bapak Mangatur dan bapak 

  Rusmana. ( selamat kepada yang mendapat hadiah ibu Sumintarsih )

- Pertanyaan ke 2. Bagaimana cara kita menggunakan teknologi yang bebas ini?

  Yang menjawab dengan tepat  dapat hadiah lagi, diantaranya yaitu bapak Fernandes, Ibu Anita,

  ibu Inge, bapak Mangatur, Hasna Paliwan, Aini Farida. ( Ibu anita yang dapat hadiah )

- Dalam  menggunakan teknologi kita diberi kebebasb . Pemanfaatan dalam dunia pendidikan  anatar lain

1 Membantu untuk mengelola prioritas

2. Komunikasi yang lebih baik

3.Menggunakan cara yang berbeda untuk Pendidikan

4. Memanfaatkan teknologi tepat waktu.

 Selain 4 cara diatas  memanfaatkan teknologi supaya kegiatan belajarmu jadi lebih mudah 

1. Kamus online untuk mempelajari bahasa asing

2. Menonton video pembelajaran di situs video sharing

3. Memakai aplikasi untuk penunjang kegiatan belajar

4. Manfaatkan website penyedia materi pelajaran

5. Gunakan fitur yang ada di smartphone

- Pertanyaan ke 3.

  Dengan memanfaatkan era teknologi bebas kita bisa leluasa, dalam pemanfaatannaya dan menggunakan era teknologi. bebas namun bertanggung jawab, Apa maksudnya?

Yang menjawab yaitu, FX Fernandes, Nehemia sesario Sukamana, Rusmana, Hasna Paliwan, Inge, 

( Yang dapat hadiah Nehemia )

- Kita dalam menggunakan teknologi harus  bersikap tanggung jawab di tengah ruang kebebasan di media sosial. Transformasi Digital, menuntut kita untuk selalu berbudaya, terutama ketika berinteraksi dengan manusia lain yang memegang otoritas atas ruang digital, dengan selalu berorientasi kepada nilai-nilai baik manusia sebagai tujuannya

- Oleh jarena itu kita harus pandai memanfaatkan  teknologi baru dan harus bertanggungjawab dalam menggunakan .

- Kita diberi kebebasan namun bebas yang bertanggungjawab sesuatu denga etika di media sosial

- Oke Bapak/ Ibu jika kita bahas tentang era Teknologi bebas namun bertanggung jawab ini sampai nanti malam tidak habis. Untuk itu materi yang sedikit ini sekiranya dapat bermanfaat.

💙  SESI 3. Tanay - Jawab. ( 08127396949 )

- Terimakasih pertanyaan ibu Umi A F

Literasi digital di SD merupakan kecakapan  menggunakan media digital dengan baik,  benar, dan bertanggung jawab untuk  memperoleh informasi pembelajaran,  mencari solusi masalah, menyelesaikan  tugas belajar, serta mengkomunikasikan  berbagai kegiatan belajar dengan insan  pembelajaran lainnya.

“Peserta didik tidak  sepenuhnya sadar mengenai  konsekuensi mengumbar  informasi-informasi pribadi.”

Nah, tugas orang tua dan  pendidik untuk membuat  anak-anak tahu mengenai  sejumlah tindakan, aturan dan  akibatnya.

Guru dapat mengedukasi peserta didik tentang pengelolaan waktu  berliterasi digital ketika pembelajaran sedang berlangsung di kelas dan  diintegrasikan dengan mata pelajaran, misalnya:

Tematik: guru memberikan pentingnya membagi waktu peserta  didik dalam beraktivitas sehari-hari seperti belajar dan bermain  serta manfaat jika mengelola waktu dengan benar;

Olahraga: bagaimana mengatasi kecanduan internet dengan  berolahraga untuk relaksasi juga membuat badan tetap sehat,;

Seni Budaya Keterampilan (SBK): anak dapat mencari informasi di  internet tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia serta mencari  video tutorial untuk membuat kreasi keterampilan tertentu.

4 Pasal UU ITE yang mengatur etika bermedia sosial.

"Yakni UU No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). (Pasal 27,28,29,30),

Sebagai seorang guru ada kesulitan dalam menentukan kriteria mana tayangan dan aplikasi yang dapat dipilih untuk mengajar dari banyak sekali aplikasi yang di tawarakan.  bagaimana cara memilihnya? atau apakah kita ambil saja mana tayangan yang sudah ada? terimakasih

- Terimakasih pertanyaan saudara Frans Fernandez P

Kita selaku guru harus bisa memilah dan memilih mana yang cocok dengan dunia anak-anak. Jangan asal ambil. Kita sesuaikan dengan perkembangan anak yang cocok daan positif.

- Arham -  Palu

Assalaamu ‘Alaikum Warahmatullahii Wabarakaatuh

Nama Saya Arham Asal Donggala Sulawesi Tengah, menyimak ulasan Narsum bahwa di era digital ini membuka ruang dengan memanfaatkan era teknologi bebas dan bisa leluasa yang memegang otoritas atas ruang digital, dengan selalu berorientasi kepada nilai-nilai baik manusia sebagai tujuannya, pertanyaan saya adalah bagaimana trik/startegi narsum menyikapi perkembangan digital yang justru pengguna/user yang salah menggunakan segala macam media sosial termasuk smartphone. Terima kasih.

Ini pertanyaan terakhir ya. Sebentar lagi azan Maghrib. Jika masih ada pertanyaan, nanti WApri saja jawabannya.

Terimakasih pertanyaan dari bapak Arham Palu menyikapinya dengan car kita bangun paradigma berpikir kritis dengan cara membangun pertanyaan 5W+1H,  “Siapa” Yang memberikan informasi, “Apa” yang dikatakan, “Dimana” Hal itu terjadi,  “Kapan” hal itu dikatakan, “Mengapa” dan “Bagaimana”.

Sehinga kita bisa menyikapi segi positif dan negatifnya.

Oke bapak ibu. Jawaban saaya masih belum sempurna  karena saya adalah manusia biasa. Tentunya Bapak/ Ibu guru hebat yang paling tahu  dan lebih menguasai. . JIka masih ada yang belum puas silahkan untuk  japri ke no wa 081390403488

💙 SESI 4. PENUTUP

Clossing Statemen dari Nara Sumber. 

Sekaali mohon maas . Internet lemot dan jawaban kurang pas tidak sesuai harapan dari Bapak / Ibu gurfu hebat semuanya. JIka ada yng ingin bertanya silahkan japri. Kami sia menjawab. Terumakasih

Marilah kita bersama-sama bisa memanfaat era teknologi/ digital  dengan bebas namun pilihlah teknologi/ digital  yang sesuai dengan kita, Pilih yang cocok dan positif dengan etika yang baik dan penuh tanggungjawab..

Pertemuan ditutup dengan lafad Hamdallah.


Demikian Resume ke 19 yang dapat saya rekam , jika ada keurangan atau kesalahan dalam pemahaman saya, tiada lupa saya mohon maaf yang seikhlas - ikhlasnya.

Terima kasih, 

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuhu.


#APKAPBPGRI
#OMJAY
#TIMGMLD
#RIFATUN
#ROSMINIYATI


        

     Profil Penulis 

     Nama                    : Lely Suryani, S Pd.SD

     Sekolah                 : SD N 1 Gumelem Kulon

     Kecamatan             : Susukan

     Kabupaten              : Banjarnegara

     Propinsi                   : Jawa Ttengah


Posting Komentar

0 Komentar