Subscribe Us

header ads

RESUME KE 6_MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH.

 PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI


 RESUME KE      : 6

  GELOMBANG    : 23 

TANGGAL           :  28 JANUARI 2022

    TEMA  : MEMBUAT BUKU DARI KARYA ILMIAH 

NARA SUMBER  :  NORALIA PURWA YUNITA, M.Pd

MODERATOR       :  RALIYANTI


Salam Literasi !

Malam telah berganti siang, 

Siang kembali berganti malam,

Tiada lelah ku terus berjuang,

Siap ku gali resume yang dalam.


Pagar teralis tempat jualan,

Membaca buku sarat ilmiah,

Belajar menulis terus berjalan,

Menulis buku dari karya ilmiah.


Masih tersimpan rapi materi malam ke 6, dalam chat WA grup belajar menulis. Kubuka pelan - pelan, dan kubaca secara seksama. Dengan judul yang menggelitik yaitu membuat buku dari karya ilmiah.

Pada kesempatan itu sebagai moderator Ibu Raliyanti membagi waktu kegiatan ke dalam beberapa sesi yaitu :

1. Pembukaan.

2. Pemaparan Materi.

3. Tanya Jawab.

4. Penutup.


1. Pembukaan

Sebagai acara pembukaan, diadakan doa bersama, menurut agama dan keyakinan masing - masing. 

Selanjutnya disampaikan bahwa nara sumber malam itu adalah seorang pengajar di SMPN 8 Semarang, penulis, bloger, dan mantan pesrta kelas Belajar Menulis PGRI yang bukunya bisa tembus di penerbit mayor Andi Offset. Beliau adalah ibu Noralia Purwa Yunita, M.Pd.


2. Pemaparan Materi.

- Jenis - jenis karya ilmiah : Skripsi,, tesis, PTK, best practice, makalah tinjauan ilmiah, dan artikel ilmiah.

- Perjuangan menulis karya ilmiah, tidak sedikit pengorbanan yang dikeluarkan, baik materi, waktu, atau bahkan psikis.

- Mengingat perjuangan tersebut, maka sangat disayangkan, jika sebuah karya ilmiah hanya tergeletak di perpustakaan atau hanya untuk hiasan almari di ruang tamu. Jika demikian adanya, maka ilmu yang telah dikerahkan untuk menyusun karya ilmiah, hanya berguna sesaat, dantidak bermanfaat bagi orang lain.

- Lantas, bagaimana cara termudah agar karya ilmiah dapat bermanfaat bagi ornag banyak yang membutuhkan.? Jawabannya adalah  dengan mengubah karya ilmiah menjadi buku. Mengkonversi karya ilmiah menjadi buku.

- Apa saja manfaatnya, jika karya ilmiah telah diubah menjadi buku ?

Ada bermacam - macam manfaatnya yaitu :

A. Dapat dibaca oleh masyarakat umum.

B. Dapat diperjual belikan, agar memperoleh keuntungan material.

C. Bagi para ASN, buku dapat dijadikan publikasi ilmiah yang dapat menambah poin angka kredit. Dengan demikian akan mendapat keuntungan ganda, disamping poin dari laporan karya ilmiah, juga dari publikasi karya ilmiah.

D. Dengan semakin banyaknya  orang yang membaca buku kita, dan banyak yang membeli, sangat dimungkinkan nama kita sebagai penulis akan semakin dikenal banyak orang.

E. Ilmunya akan tersebar luas tanpa sekat yang menjadikan ilmu bermanfaat.


- Perbedaan - perbedaan format penulisan buku dan format karya tulis ilmiah.

1. Format buku

     - Judul.

     - Kata pengantar.

      - Prakata.

       - Daftar isi.

       - Isi buku.

       - Daftar Pusaka.

        - Sinopsis.

         - Profil penulis.

         - Daftar gambar, indeks.

2. Format KTI :

    - Judul.

    - Lembar Pengesahan.

     - Kata Pengantar.

     - Halaman Persembahan.

     - daftar isi.

      - Pendahuluan.

       - Tinjauan Pustaka.

       - Metode Penelitian.

       - Pembahasan.

       - Kesimpulan.

        - Daftar Pustaka.

        - Lampiran.

   

- Ini adalah cara mengkonversi karya ilmiah menjadi buku.

1. Ubah Judul.

Ubah penggunaan bahasa ilmiah pada karya ilmiah menjadi bahasa populer, santai dan singkat untuk judul buku.

2. Ubah daftar isi.

Dari daftar isi karya ilmiah yang terdiri dari beberapa bab, diantaranya adalah :

BAB 1 Pendahuluan berisi latar belakang masalah, tujuan, manfaat, batasan masalah

BAB 2 Landasan teori

BAB 3 Metode penelitian yang berisi rumus2 statistika

BAB 4 Hasil dan pembahasan

BAB 5 Penutup yang berisi kesimpulan dan saran.

Namun ketika diubah menjadi BUKU, daftar isi menjadi : (ikuti pedoman 2W+1H)

Bab 1.  (Why) menjelaskan pentingnya, alasan penggunaan metode itu untuk pembelajaran. Masalah pembelajaran Sains selama ini, dll


Bab 2.  (What) menjelaskan apa itu, karakteristik, ciri khas, dari metode/media/model yang menjadi fokus dari tulisan

Bab 3,4,5, dan seterusnya ( How ) menjelaskan bagaimana tahap pembuatan, bagaimana hasil pembuatan, bagaimana penerapannya.

Boleh juga mengembangkan materi dari bab 2 di KTI.

Sebagai contoh jika bab 2 KTI yang merupakan landasan teori ternyata berisi

2.1. hasil belajar

2.2. media pembelajaran

2.3. Modul.

2.4. metode pembelajaran.

2.5 pembelajaran berbasis riset.


ketika menjadi buku dapat dibuat menjadi beberapa bab yaitu.

Sub bab 2.1. hasil belajar menjadi bab 2 buku.

Bab 2 TEORI BELAJAR

2.1. belajar

2.2. permasalahan dalam pembelajaran

2.3. Hasil belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya


Sub bab 2.2. media pembelajaran menjadi bab 3 buku

Bab 3 MEDIA PEMBELAJARAN

3.1. Pengertian media

3.2. jenis media

3.3. manfaat media


Sub bab 2.3. modul menjadi bab 4 buku

Bab 4 mengenal modul 

4.1.pengertian modul

4.2. karakteristik modul

4.3.sistematika modul

4.4. kelebihan modul

dan seter…

C. Berikan pengetahuan baru yang terkait dengan isu sekarang. Sebagai contoh, mind map dikaitkan dengan tuntutan pembelajaran abad 21 yang mengharuskan peserta didik memiliki kompetensi 4C yaitu Communications, collaboration, creativity, dan critical thinking. Atau dapat juga dihubungkan mind map sebagai sebuah media efektif dalam pembelajaran di masa pandemi yang notabene jam mata pelajaran dipangkas sehingga guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua KD yang ada

D.  Boleh menampilkan hasil penelitian tetapi jangan terlalu banyak. Hasil yang ditulis hanya data penelitian yang penting saja

E.  Secara kebahasaan dan penyajian, karya ilmiah versi buku haruslah berbeda dengan versi laporan. Susunan dan gaya tulisan bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing sesuai dengan pengalaman dan bahan bacaannya. Semakin literatnya penulis maka akan semakin oke buku yang dia tulis. Hal ini karena membaca, berpikir dan menulis adalah satu rangkaian literasi yang tidak dapat dipisahkan. Selain itu, kita harus mengupayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi karya ilmiah kita diubah menjadi buku.

F. Daftar pustaka boleh menggunakan blog namun situs blog resmi seperti Kemendikbud.go.id, Jurnal ilmiah, e book,,atau karya ilmiah lainnya. Namun, hindari menggunakan daftar pustaka berupa blog pribadi dengan domain blogspot, wordpress, dan lain sebagainya

[ G. Berikanlah ulasan mengenai kelebihan dan kelemahan penelitian yang anda lakukan agar pembaca yakin bahwa anda benar-benar telah melakukan penelitian tersebut

H. Karya ilmiah versi buku minimal 70 halaman format A5 dengan ukuran huruf, jenis huruf, dan margin disesuaikan Dengan aturan Penerbit

 I. Agar tidak dikatakan self plagiarisme, sebaiknya kita tidak hanya sekedar copy paste KTI kita untuk dijadikan buku. Kita tetap menulis ulang setiap kalimat yang ada, namun dengan tidak mengubah arti dari kalimat yang ada di KTI asli. Teknik parafrasa akan membantu penulis ketika ingin menuliskan ulang KTI nya menjadi buku

3. Diskusi / Tanya - jawab.

Tanya jawab berlangsung seru sekali, menampung dan menjawab 20 pertanyaan

4 Pentup

- Kesimpulan.

Membuat  buku dari karya ilmiah bukan berarti hanya mengubah cover dan judul saja sementara isi sama persis dengan KTI yang sudah kita punya. Itu merupakan suatu kesalahan karena akan menjadi self plagiarisme untuk karya kita. Kita harus mengubahnya sesuai dengan aturan yang ada sehingga KTI versi buku tidak akan sama struktur dan isinya dengan KTI aslinya.


#BELAJARMENULIS

#GELOMBANG23

#PGRI


Profil Penulis

Nama                    : Lely Suryani, S .Pd.SD

Sekolah                 : SD N 1 Gumelem Kulon

Kecamatan            : Susukan

Kabupaten             : Banjarnegara

Propinsi                 : Jawa Tengah

No.Hp.                   : 081388112412

Email                     : yanilelysuryani@gmail.com 

Blog                       : http://lelysuryanikreatifinspiratif.blogspot.com

                                  https://www.kompasiana.com/lelysuryaniofficial18799

Facebook                : https://www.facebook.com/profile.php?id=100068809581410

Instagram                : https://www.instagram.com/lely.suryanii/

Youtube                   : https://youtu.be/6XZr9XFQYhc

Tweeter                   :  @lelysur17426120


Posting Komentar

19 Komentar

  1. Semangat selalu bu... Bagus resumenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih..
      Biarlah saya selalu dibelakang.TUT WURI HANDAYANI

      Hapus
  2. Tampilan resumenya apik Bun... mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetima kasih...
      Biarlah saya selalu di belakang. TUT WURI HANDAYANI.

      Hapus
  3. Kereeeeeen...makin kereeeen bu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheee.
      Terima kasih..
      Biarlah bu.. saya selalu tut wuri handayani

      Hapus
  4. Mantap bebeb...always selalu lengkap...🤩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah.. begitu lah..
      Belum isa bergerak cepat denga resume yang sudah modiv sana sini

      Hapus
  5. Luar biasa,...semangat terus berkarya. Salam literasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu lilis... siap...
      Tapi saya bisanya Tut Wuri Handayani.

      Hapus
  6. Bu lilis.. siap...
    Tapi saya Tut Wuri Handayani saja...

    BalasHapus
  7. Keren Bu, lengkap. Sukses selalu Bu👍

    BalasHapus
  8. Keren bunda... Pemaparan yang sangat menarik 👍👍👍

    BalasHapus
  9. Mantappp bunda.. Resume nya lengkap, pemaparan materinya mudah dipahami. Semangat berkarya bunda

    BalasHapus