Subscribe Us

header ads

RESUME KE 2_GELOMBANG KE 23_BM_MENJADIKAN MENULIS SEBAGAI PASSION

 


RESUME KE                :  2  ( DUA )

GELOMBANG             :   23

TANGGAL                    :  19 JANUARI 2022

TEMA                            :   MENJADIKAN MENULIS SEBAGAI PASSION

NARA SUMBER           :   Dra. SRI SUGIASTUTI  M, Pd.

MODERATOR               :   HELWIYAH, S.Pd.


Assalamualaikumwarohmatullohi wabarokatuhu.

Selamat malam para sahabatku, di manapun berada.

Saat ini saya sedang mengikuti Pelatihan  Belajar Menulis bersama PGRI yang bekerja sama dengan KSGN. Kali ini sungguh beruntung saya, karena Nara Sumber dan Moderatornya adalah DUO SRIKANDI ldola saya yang sangat luar biasa. beliau adalah Bunda Kanjeng dan Bunda Helwiyah.... Tepuk tangan yang GEMURUH untuk menyambut kehadiran beliau.

Perlu para sahabat ketahui, Bunda Kanjeng itu adalah  Editor  Senior dari berbagai penulisan buku, baik buku solo maupun buku antologi. Kebetulan juga , saya adalah salah satu Kurator Antologi Aku dan Anakku yang berada di bawah naungan beliau.

Maka dari itu, bagi para sahabat yang sangat ingin menceritakan kisah putra putri tercinta, ayok ikutan nulis Buku Antologi Aku da Anakku saja yah. DIJAMIN PUAS. Dan bisa dilanjut lewah nomor HP ku ya, bisa di lihat di profil saya.

Para sahabat, AYO... kita ke materi pelatihan dulu ya.

Kelas pelatihan malam ini yang dimoderatori oleh bunda Helwiyah, diawali dengan membaca Bismillahirrohmanirrohiim. Dan seperti biasa, kegiatan dibagi menjadi 4 sesi yaitu ;

1.Perkenalan.

2.Pemaparan Materi.

3.Tanya Jawab

4. Penutup

Para sahabat, kenalan dulu  yuk dengan nara sumber yang hebat ini, simak ya profil beliau.


Wah, ternyata beliau itu, selain menerima julukan RATU ANTOLOGI, juga mendapat julukan ULAMA yaitu USIA LANJUT tetapi MASIH AKTIF, khususntya aktif dibidang Literasi.

masih menurut nara sumber, jika mampir ke blog beliaua pasti akan terinspirasi dan termotivasi.  Karena yang ditulis di blog merupakan curahan hati dan sekadar berbagi bahwa dengan menulis kita mendapatkan banyak manfaat..Blog adalah rumah tulisan sekaligus tempat untuk memarkir tulisan dan setelah  di poles dan dilengkapi  tulisan-tulisan di blog cling berubah menjadi  sebuah buku. Berapa buku yang dihasilkan ketika mulai menulis di usia  50 tahun.

KOK BISA YA? jawabannya ada di PPt. nanti kita simak PPt nya ya,


WRITING IS MY PASSION

Mengapa materinya Writing is my passion  ? Karena suatu gairah itu tidak akan pernah padam.sebagaimana kita selalu bergairah menulis dan menulis. Orang yang memiliki gairah biasanya kreatif, penuh semangat dan selalu bahagia karena memiliki banyak harapan. Dan yang paling terpenting , harus bangga dengan potensi diri yang dimiliki.

Ketika kita hadir di dunia, kita adalah pemenang. Sudah diberi talenta dan akal sehat. Kita tinggal mengasah dan melejitkan potensi tersebut. Hal ini sudah saya buktikan. Dan Bapak Ibu sudah banyak yang membuktikan saat merasa menjadi penulis pemula tidak bisa menulis, merasa bukan siapa-siapa, tetapi saat saya beri tantangan menjadi  kurator atau  menulis naskah Antologi ternyata sukses.

( HEHEE,, semoga saya termasuk kurator yang sesuai harapan beliau. AAMIIN )

Di dalam ppt yang sudah dibagikan nanti bapak ibu bisa mencermati sekaligus mempraktikkannya.

Ini PPt beliau yang telah saya buat menjadi gambar berseri, ( asyiiik )




       

 




















TESTIMONI BUNDA KANJENG BERKALABORASI DENGAN OM JAY

Perlu saya sampaikan kebersamaan saya dengan tim omjay bermula dari daring di kompasiana tahun 2009. Saat awal.saya mengenal dunia internet.dan pertemuan luring saya dengan Omjay  di tahun 2013 saat mengikuti Teachers writing camp 3 di UNJ. Sejak itu kami berkolaborasi di berbagai diklat menulis.ada di Bekasi.Jakarta. Padang dan terakhir di Kupang sampai akhirnya  Pandemi datang. Ide kreatif Omjay muncul untuk bisa mengajak Bapak  Ibu guru hebat di nusantara untuk belajar menulis bersama PGRI. Tak terasa saat ini sudah berapa di gel 23 dan 24.
Yang membanggakan para alumni Kelas Menulis ini berhasil berproses menjadi penulis andal dan bahkan menembus penerbit mayor duet dengan Prof Eko Indrajit

SESI TANYA JAWAB


Ini adalah rangkuman dari 32 penanya, yang semuanya berbobot, maka dari itu perlu diinventarisir agar bermanfaat untuk pengembangan diri. Untuk jawaban dari Bunda Kanjeng, masih saya simpan dalam bentuk pesan suara.

1. Assalamualaikum 
Nama saya Nur Azizah_SD Islam Plus Masyithoh Kroya_Cilacap

Tanya bun : "Sebagai pemula
Bagaimana saya bisa belajar menemukan ide untuk fokus menulis? Tema apa sebaiknya yg saya fokuskan ya? 

2.Selamat malam, Ibu Sri, saya Robertus Priyo dari SMKN 2 Pangkalpinang, mau bertanya: Bagaimana menumbuhkan passion menulis dalam diri kita? Terima kasih.

3.Assalamualaikum ibu🙏
Ijin bertanya, Saya Rini dari Bogor🙏
Yang ingin saya tanyakan adalah: Bagai mana kita benar-benar yakin kalau menulis itu menjadi Passion buat kita dan bukan sekedar hobi? 
Trima kasih ibu🙏

4. Apa tips dan kiat untuk kami, kadang ketika menulis, karena terlalu banyak ide pada satu tema yg ingin kita tulis, kita malah kesulitan dan bingung mengaitkan satu sama lain. Ujung-ujungnya tutup laptop dan gak disambung lagi. Pas buka laptop malah dihapus karena ada ide lain. Begitu terus. Jadi  gak selesai2 nulisnya.
Widuri Permata AR, S. Pd
Dari SD - SMPN Satu Atap 4 Gunungsari Lombok Barat NTB

5.Assalamualaikum 
Saya bu Siti Rohani 
SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah 
Pertanyaan :
Bagaimana menyusun rangkaian buku per BAB/
Sistematikanya supaya runtut
Terimakasih

6.Assalamualaikum, saya Afiatur dari Sumenep. Ijin bertanya, bagaimana cara mengenal genre yang paling tepat untuk kita tulis sesuai passion kita? Terima kasih🙏

7. Assalamu'alaikum bunda Kanjeng
Saya Mutmainah Lebak

Bunda terkenal dengan ratu antologi, tidak pernah habis menemukan ide untuk judul2 antologi yang seabrek. Bagaimana cara mendatangkan ide supaya selalu ada dalam pikiran 
Terimakasih bunda. Atau topik dulu baru isi

8.Assalamu'alaikum War Wab. Terima kasih sudah diberi kesempatan untuk bertanya. Menarik materi malam ini.
Perkenalkan
Nama: Faridah Lasanipa
Kota asal Muna Sulawesi Tenggara.
Pertanyaannya: Dalam memulai suatu penulisan, mana yang lebih mudah apakah menulis isi lebih dulu baru menentukan topik dan genre? Terima kasih🙏

9. SELAMAT MALAM...Saya Joice  Mariani Dju, dari SD INPRES MENGGIT TIMBI, SUMBA TIMUR-NTT. ijin bertanya bunda kanjeng..
1. Apakah dengan menulis antologi bisa menjadi sebuah buku solo, dan  Bagaimana kiat agar menulis antologi bisa dikembangkan menjadi sebuah buku dengan alur yang jelas dan tepat?
2. bagaimana mengidentifikasi Sasaran pembaca untuk menjadi bahan pertimbangan penting dalam menentukan warna tulisan. 
Bagaimana cara  memastikan bahwa tulisan yang kita hasilkan akan marketable. Terimakasih bunda kanjeng..

10.Assalamualaikum,perkenalkan saya Sri Mulyani Wibusana,izin bertanya.Bagaimana cara jitu membangkitkan niat untuk mau menulis, karena selama ini Busaya punya keinginan tapi susah untuk memulai secara rutin.Kebiasaan saya kl menulis itu harus ada yg memaksa,nah salah satunya saya mengikuti kegiatan ini jadi memaksa diri sendiri untuk menyelesaikan tugas.Mungkin ibu punya tips dan trik untuk kadus saya ini.terima kasih🙏🙏

11.Assalamualaikum bu ewi sy sri maryani dr majalengka mau bertanya di paparan bu knjeng mngatakan cara mdah untuk mnemukan ide dg brainstroming langkahnya apa saja yg hrs di lakukan untuk bs brainstroming, trimksh

12.Assalamu'alaikum, bunda saya ingin bertanya
1. Bagaimana kita bisa meningkatkan kesabaran pada saat menulis,biasanya pada saat menulis saya tiba2 habis bahan buat nulis, apakah tinggalkan leptop untuk main2 dulu ataukah tetap memaksa duduk di leptop sampai ide itu muncul lagi. 
2.bagaimana sih bunda rasanya punya banyak karya
3.cara menentukan topik tulisan yang menarik itu baiknya bagaimana bunda
4.kenapa kita harus memulai menulis dengan kata mengapa bunda. 
Terimakasih bunda

13.بسم الله
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Salam kenal bunda Kanjeng,nama saya Zainab asal Sumba Timur NTT
Apa perbedaan antara menulis sebagai hobi dan passion?

14.Pertanyaan saya, bagaimana Bunda Kanjeng dapat membagi waktu untuk menulis dg pekerjaan pokok ketika menulis menjadi gairah hidupnya. 
Zunnurin Isnaini, dari Purwodadi -Pasuruan

15.Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Mulyati, SDN Lebak Bulus 04
Izin bertanya Bunda
Apakah sebuah tulisan harus mempunyai outline? 
Mohon penjelasan masing-masing karakteristik outline yang baik, kesedrajatan yang ligis kesetaraan struktur, kepaduan dan penekanan, maksudnya bagaimana?
Terima kasih

16.Assalamualaikum... selamat malam Bunda Kanjeng.
Perkenalkan: nama Yosefina dari SMP Negeri 8 Kota Kupang. Yang mau ditanyakan Bunda.Ide yang ditulis... bagaimana kita dapat menentukan tujuan dan genre dan segmen pembaca. Adakah cara atau trik untuk kita dapat menentukannya? 
Mohon maaf dan terimakasih Bunda Kanjeng 🙏.

17.Assalamualaikum 
Nama saya Zaenani Qodriyatun_MTsN 6 _Bantul
Tanya bun : "Sebagai pemula
Terkadang saya ada idw untuk menulis, tapi tidak mudah memulainya. Bagaimana saya memulai menuangkan ide untuk bisa diwujudkan dalam bentuk tulisan? 
Terimakasih

18.Assalamualaikum wr.wb. slmt mlm bu. Perkenalkan saya lilis dari garut.bMaaf mau bertanya, passion kan merupakan ciri khas seseorang, bagaimana cara merupah passion menulis agar yidaknketinggalan zaman. Sementra selama ini kita passion sesuai pribadi kita

19.Selamat malam ibu moderator yg hebat dan menemani malam ini. 
Kami Hadi, asal tebet jakarta selatan. 
Kami ingin tanya:
1. Tip apa agar kita tetap terus bisa belajar menulis, karena baru mulai tatap muka minggu ke 3, bulan januari agenda padat, yg akhirnya menulisnya  tertinggal. 
Terima kasih bunda Nara Sumber dan bunda Moderator.
Selamat mlm salam literasi..

20. Frans Fernandez dari SMPN 1 Praya Lombok Tengah NTB
Peserta grup 23 bertanya:Video
Setelah saya mendengar motivasi dari Om Jay tentang semangatnya memulai menulis dan Bunda Kanjeng yang memberikan semangat dalam mengembangkan passion ini. 
Begitu juga dari team di sini yang saya tahu selama mengikuti GMLD 1 tahun 2021 kemarin.
Timbul pertanyaan saya: 
Mempertahankan passion saya sebagai Penulis ini. Saya memang sangat bergairah dalam menulis, namun saya belum melihat ada sesuatu menjanjikan berupa penghasilan yang bisa memacu semangat saya.
Bagaimana agar gairah saya ini tetap terjaga dan akhirnya kelak justru menjadi sesuatu yang menjanjikan sebagai salah satu sumber penghasilan selain gairah yang tersalurkan?
Terimakasih...

21.Saya Eni Anggreni dari SMK Negeri 2 Pangkalpinang. Mohon pencerahannya bunda tips atau kiat- kiat supaya passion menulis itu tumbuh dalam jiwa kita dan kalau pengalaman bunda sendiri dari penulis pemula sampe menjadi penulis yg hebat spt bunda kira2 berapa lama prosesnya bun..?? Terimakasih bunda.

22. Ibu Kanjeng,
Perkenalkan saya Iksan Rifqi Hermawan dari Kebumen, 
ijin bertanya :
"Cara menjaga passion menulis agar tetap konsisten dan tak redup oleh kesibukan kerja kita?"
Terimakasih Ibu. 🙏🙏🙏

23.Assalamualaikum Bu Kanjeng
Perkenalkan saya Isti Nurhayati dari Palangka Raya Kalteng nyuwun sewu mau tanya 
Bagaimana caranya supaya saya bisa lebih fokus dalam membaca karya orang lain dan juga fokus dalam menulis mengingat umur saya saat ini sudah 52 tahun tetapi saya masih kepengen bisa menulis dan menerbitkan buku. matur nuwun bu

24. Assalamualaikum...
Nama saya : Dwi Yanti
Alamat : Belik Pemalang.
Pertanyaan :
Bagaimana cara untuk mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri dan agar bisa menulis dengan baik? Terimakasih 

25. Assalamu Alaikum 
 wr, wb.
Selamat sore, Ibu Helwiyah yang hebat nan menginspirasi.
Senang berkenalan dengan, Ibu.
Perkenalkan,
Maria guru SMPN 25 Jakarta.
Pertanyaan:
1. Apa strategi membaca ceoat dan mudah membuat resume
2. Cara mudah menuangkan ide menjadi tulisan yang runtun dan tidak garing
3. Menentukan judul  yang menggoda mata pembaca seperti tema yang Ibu sampaikan malam ini. Keren
4. Seperti yg tercantum dalam PPt: look dan feel.
Saya melihat gambar tentang siswa yang lagi bengong di kelas.
Bagaimana memulai tulisan tersebut
5. Cara menuliskan sumber bacaan yg diperoleh/ dikutip dari google.
Terima kasih, Ibu
🤲🙏

26.Pperkenalkan saya Umi Agus Farida dari Kalsel. Terimakasih atas ilmu yang telah diberikan dan mohon izin bertanya bun kanjeng. Saat ini memang di perpustakaan2 sekolah banyak menyediakan buku2 paket/buku2 pelajaran dan sedikit yang buku umum. Bagaimana langkah saya untuk mengadakan literasi baca yg variasi dan buku2 apa saja yg menarik untuk siswa SMP bun, terima kasih 🙏

27. Assalamualaikum wr wb
Selamat malam bunda... Semifa sehat selalu... Saya isma dari cilacap.
Ada bebrapa kendala dan hambatan yang bunda paparkan lalu bagaimana kita mengatasi kendala tersebut bun... Terimakasih...🙏

28. Assalamualaikum 
Mohon Ijin bertanya ya Bun
Saya adalah guru TK di Tarakan, usia sdh di atas 50 baru mau belajar menulis,
1. Tulisan apa yg cocok untuk guru TK ya bu? Apakah tentang pembelajaran atau apa?
2. Jika mau belajar menulis ada aja kendalanya, sehingga baru mulai sepotong terus di tinggal, Bagaimana caranya supaya tulisan itu bisa tersambung kembali walaupun waktunya berkali kali terjeda. Mohon trik triknya bunda.

29.Assalamu'laikum wr wb. Saya Mohamad Ashabul Yamin. Apa kabar? Banyak orang gagap menuangkan ide secara tertulis. Bagaimana memulai menulis dan dari mana harus mulai...?

30. Selamat malam ibu, dengan Siska dari Nagekeo, NTT kadang dalam ujian disajikan bacaan dahulu, ditanya bagaimana menentukan judulnya, tentang ini🙏 kadang saya belum terlalu paham.

31. Assalamualaikum....perkenalkan saya MAS SAMSI dari Lamongan. Mohon masukan dan motifasi Bagaimana cara jitu membangkitkan niat untuk mau menulis?  saya punya keinginan tapi susah untuk memulainya secara rutin.terima kasih🙏🙏🙏

32.Bismillah, saya Menik Dwi Astuti, dari MAN Kota Palangka Raya, terimakasih materinya Ibu, Berkaitan passion ..perasaan semangat yang luar biasa dan timbul saat seorang individu melakukan suatu hal, bagaimana mengatasi semangat yang naik turun dalam menulis, misal awal menulis dikarena ingin mengungkapkan perasaan biar plong ttentang suatu hal, ketika dirasa tidak ada lagi sesuatu yang dirasa dari dalam diri, jadi sangat perlu mencari rangsangan dari luar ya bu. Bagaimana agar kita mulai hal yang baru dalam menulis, karena kebiasaan menulis dalam satu genre tulisan  menjadikan kita tidak percaya diri menulis  genre yang lain. Terimakasih, sehat selalu ibu salam literasi

PESAN PENTING DARI BUNDA KANJENG.

Menulis buku adalah pekerjaan mulia. Jadikan menulis sebagai passion. Jangan pernah takut tulisan jelek atau tidak ada yang mau membaca.Tetaplah berada di komunitas Literasi.  Ikuti nubar nulis bareng di buku Antologi sebagai jembatan menjadi penulis buku solo

Selesai sudah saya menulis resumenya, In sya Alloh materi ini sangat bermanfaat  untuk bekal menuju kesuksesan sebagai penulis. AAMIIN.
Terima kasih Ibu nara sumber dan ibu moderator.
Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuhu.

#BELAJARMENULIS_PGRI_GELOMBANG23


     

    Profil Penulis 

     Nama                    : Lely Suryani, S Pd.SD

     Sekolah                 : SD N 1 Gumelem Kulon

     Kecamatan            : Susukan

     Kabupaten             : Banjarnegara

     Propinsi                 : Jawa Ttengah

     No.Hp.                   : 081388112412

      

  

   





Posting Komentar

15 Komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih .. sudah sudi mampir di sini..
      Jadi tambah srmangat..

      Hapus
  2. menulis itu akan jadi hobi kalau kita sudah merasakan nikmatnya menulis. Jadilah menulis sebagai sebuah kebutuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tiada terhingga bapak motivatorku..
      In sya Alloh.. petuah2 bapak selalu kuingat dan SIAP LAKSANAKAN KOMANDAN...

      Hapus
  3. Balasan
    1. Heheee.. bunda.. terima kasih.. sudah bisa hadir di sini

      Hapus
  4. Lengkap banget. Ketika sudah menjadi passion sepertinya sulit ditahan jari ini... Lanjutkan Bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon penyemangat berkelanjutan ya pak.. biar tidak kendor.
      Terima kasih..

      Hapus
  5. Komplit....plit.....muantaaaap

    BalasHapus
  6. luar biasa kren

    "Menulis harus dengan penuh Kesabaran ". Sebagai penulis pemula tekunlah dalam proses menulis . Daripada berfokus pada kesempurnaan ataupun idealisme, hendaknya kita mencoba untuk terus menulis semampunya disertai dengan konsistensi Maka kita akan memetik hasilnya

    cakep dan mantap.

    BalasHapus