https://www.kompasiana.com/lelysuryaniofficial8799/63bc2e8508a8b52f2b6a6fa4/gegap-gempita-menulis-setiap-hari?utm_source=Whatsapp&utm_medium=Refferal&utm_campaign=Sharing_Mobile


Gegap Gempita Menulis Setiap Hari


Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd., sebagai Guru Blogger, Trainner, Motivator  dan penyandang gelar serta profesi lainnya, sekaligus sebagai Founder Kelas Belajar Menulis Nusantara. Pada Kelas Belajar Menulis Nusantara Gelombang 28, beliau berkesempatan memberikan materi pelatihan pada pertemuan perdana. Pertemuan pertama belangsung pada hari Senin,  tanggal 9 Januari 2023, pukul 19.00 s.d.pukul 21.00. Dengan Jargonnya "menulislah setiap hari, sebagai judul materi. Tak dapat dipungkiri oleh khalayak literasi nusantara, bahwa jargon tersebut memang melekat pada diri sang Doktor. Beliau dapat membuktikan bahwa dengan mantra ajaibnya, bisa mengantarkan beliau pada kesuksesan yang luar biasa.

Didampingi oleh Mr.Dail sebagai modedator, DokJay mengawali materinya dengan perkenalan,  beliau  membagikan link - link data diri beliau yang berada diberbagai akun menulis. Ada blogspot, Wordpress, https.com  dan Kompasiana.com. Semua akun tersebut terawat dengan baik. Artinya dimanfaatkan untuk menulis setiap hari.


Ada yang menarik lagi dari yang beliau sampaikan bahwa rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain. Jika anda rabun membaca, maka lumpuhlah tulisan anda. Dari sini dapat disimpulkan bahwa agar bisa menulis setiap hari, maka harus membaca tulisan orang lain. Benar sekali yang dikatakan oleh DokJay. Sebab jika kita tidak membaca tulisan orang lain, tisan sendiri tidak berkembang, karena tak  diimbangi dengan pengetahuan - pengetahuan atau informasi - informasi baru.

Yang lebih menarik lagi, dari lulusan  KBMN, telah melahirkan penulis - pdnulis hebat, penyabet berbagai kejuaraan menulis tingkat nasional. Memang tak kaleng - kaleng KBMN ini, dengan nara sumbernya yang hebat - hebat.


Ada judul tulisan Om Jay yang kata beliau menohok, yaitu "Buatlah buku sebelum mati". Tulisan ini juga telah tayang di Kompasiana.com. Untuk dapat membuat sebuah buku, bisa dari kumpulan tulisan setiap hari. Caranya buatlah tulisan minimal 500 kata agar jika dibuat buka akan lebih mudah. Nah dari Kompasiana juga, bisa mendapat Gopay. Beliau yang sudah rutin mendapat gopay dari Kompasiana, mengatakan menulis yang dibayar. Luar biasa.

Patut berbahagia, peserta KBMN 28, mendapat buku elektronik Om Jay yang best seller dengan judul Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Berawal dari buku ini pula, Om Jay diundang ke Istana Negara bertemu Presiden Jokowi. Ada Lagi Buku Blogger Ternama, buku Pelajaran TIK, dan masih banyak lagi. Keberhasilan beliau ini, didapat bukan sekejap mata, namun bertahun - tahun dan konsisten menulis. Mulailah menulis yang ringan dan  dikuasai. Menulis dari yang dilihat, dialami dan didengar, lebih mudah. Makanya kisah nyata lebih disukai banyak orang  daripada kisah fantasi.


Eh sahabat, beliau DokJay juga menceritakan kisah pertemuannya dengan seorang blogger terkenal. Dan ternyata Sang Blogger terkenal adalah guru Blog Om Jay. Nah ini dia. Kisah ini juga ada pada buku Biografi Om Jay yang saya tulis dengan judul 50 Tahun Lebih Dekat Dengan Om Jay. Buku ini saya dedikasikan sebagai hadiah Ulang Tahun Om Jay yang ke 50. Sebagai bakti hormatku kepada seorang guru.Bangga juga dengan buku ini, selain berisi perjalanan hidup seorang TOP, juga Launchingnya dibersamakan dengan buku beliau yang berjudul 50 Tahun Menjadi Manusia. Ini lho penampakan dari karya  kami.Oke kan.


Luar biasa lagi, pada pertemuan pertama ini, DokJay mendapat berondongan pertanyaan sebanyak 29 pertanyaan. Dari semua pertanyaan tersebut, dijawab dengan sejelas - jelasnya oleh Narasumber, Dr.Wijaya Kusumah,M.Pd.


Sebagai penutup pertemuan, beliau berpesan

Kelemahan penulis pemula adalah malas baca sehingga tulisannya terasa garing. Menulislah setiap hari. tulis apa yang kita sukai dan kuasai di blog.


Para sahabat, demikianlah liputan dari KBMN 28 yang dapat saya kabar - kabari. Semoga bermanfaat dan terimakasih