Subscribe Us

header ads

Peran Guru Dalam Merdeka Belajar Melalui Optimalisasi Chrombook


http://s.id/kanalsatuguru



 Peran Guru Dalam Merdeka Belajar Melalui  Optimalisasi Chrombook



#mengajarmenyenangkan
#menulismengasyikkan


Sebagai upaya mewujudkan  kemerdekan belajar bagi murid , Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,

Riset dan Teknologi telah meluncurkan berbagai prioritas program pendukung. Salah satu program yang

menyentuh murid secara langsung, walaupun murid di desa sekalipun adalah adanya program

digitalisasi sekolah. Bantuan  yang menunjang upaya digitalisasi sekolah adalah bantuan TIK bagi

satuan pendidikan.


Saya, Lely Suryani, S.Pd.SD, yang mengajar di SDN 1 Gumelem Kulon, telah merasakan danmenikmati kemudahan dalam pembelajaran,  dengan  adanya bantuan TIK tersebut.

Mengajar yang menyenangkan telah saya lalui bersama murid - murid saya, salah satunya dengan

pemanfaatan bantuan TIK ini. Bantuan TIK yang  berwujud Chromebook sejumlah 15 buah,

sangat menunjang kegiatan Literasi di sekolah kami.


Anak - anak kami ajari memanfaatkan bantuan tersebut secara optimal. Dalam hal ini saya selaku guru

bertugas sebagai instruktur atas penggunaan Chromebook tersebut. Penggunaan Chromebook dengan

baik dan sesuai prosedur, tentunya harus dengan ilmu pengetahuan yang memadai.  Maka dari itu

saya dituntut untuk lebih mumpuni dan  menguasai  menu - menu yang tersedia di dalam Chromebook.

Ini adalah suatu tantangan bagi saya agar terus giat belajar, belajar dan belajar. Yang pada akhirnya,murid  - murid akan merasa senang, aman dan nyaman, jika sedang berlangsungnya  pembelajaran

yang memanfaatkan  Chromebook tersebut.


Untuk bisa masuk ke aplikasi Chromebook bantuan TIK ini harus menggunakan akun belajar.id.

Jadi, tidak semua akun google bisa masuk dan memanfaatkan Chromebook ini Karena belum semua

murid  memiliki akun belajar.id, maka semua murid saya minta untuk masuk ke Chrombook,

menggunakan akun belajar.id saya.


Kegiatan Literasi Sekolah sekaligus perwujudan Merdeka Belajar, dapat dilaksanakan melalui pemanfaatan Chromebook. Murid - murid diajak untuk membaca atau menulis sesuai bakat dan minatnya. Murid - murid bisa menulis  puisi, cerita dan atau pantun. Murid - murid dapat melakukan ini semua, tentunya telah melalui tahapan - tahapan  pembelajaran  tentang penggunaan Chromebook. Sehingga menulis mengasyikkan, terjadi di setiap pembelajaran berlangsung.



Vidio Optimalisasi Chrombook


Banyak sekali pembelajaran yang dapat disinkronkan dengan memanfaatkan Chromebook ini. Apalagijika  ada moment- moment khusus yang bisa, membakar semangat anak untuk membuat cerita,

membuat daftar kegiatan dan lain - lain, anak - anak pasti merasa ketagihan. Ini bisa dibuktikan dengan

anak -anak yang meminta  diberi jadwal menulis lewat  chromebook. yang ternyata anak - anak sudah

siap dengan  ceritanya masing - masing. Mengajar menyenangkan juga terjadi melalui aktifitas ini.



Vidio Pelaksanaan ANBK Sesi1

Selain  anak - anak bisa menyalurkan hobbynya atau bakatnya dalam berliterasi khususnya membaca

dan menulis, sekolah kami juga bisa melaksanakan ANBK  ( Asesmen Nasional Berbasis Komputer )

secara mandiri pada tahap pertama kemarin. anak - anak sudah mahir menjawab setiap pertanyaan

dalam ANBK, baik pertanyaan Literasi maupun pertanyaan Numerasinya. Di samping anak - anak

sekolah di SD kami saja ang ikut belajar Chromebook ini, tapi anak - anak dari SD di sekitar kami juga

boleh ikut belajar bersama - sama. Mengingat tidak semua satuan pendidikan menerima bantuan TIK

ini. Jadi kami harus pandai - pandai berbagi ilmu, dan kami harus membuat jadwal buat mereka yang

ingin ikut belajar chromebook, terutama untuk kepentingan melancarkan ANBK.



Vidio Pelaksanaan ANBK Sesi 2


Jadi sewaktu jadwal ANBK turun, minimal anak - anak sudah bisa mempergunakan, memanfaatkan

dan mengoperasikan Chromebook secara mandiri. Mengingat juga peraturan pelaksanaan ANBK,

tidak boleh seorang pun masuk ke dalam ruangan ANBK., kecuali pengawas dan operator sekolah.

Nah apabila anak - anka tidak / belum dibekali pengetahuan dasar tentang chromebook ini, tentunya

hanya keringat dingin yang keluar dari badan anak -anak.


Perlu mendapat apresiasi dari guru, khususnya dari  saya yang kelasnya  paling sering  memanfaatkan

chromebook. Ternyata anak - anak dari  kelas  lain juga ingin diajari juga. baik dari kelas 3, kelas  4 dan

  kelas 6. Mereka bersemangat sekali ingin bisa ikut belajar. Nah karena dari guru - guru kelas lain

sudah memasrahkan kegiatan pemanfaatan chromebook  kepada saya, maka saya harus pandai

- pandai membagi waktu agar semua kelas terakomodir dalam pemanfaatan Chromebook ini.



Optimalisasai Chrombook di kelas 4

Betapa menyenangkan bisa mengajari anak- anak sampai bisa menulis cerita sederhana, puisi, pantun

dan lain - lainnya. Anak - anak juga terlihat begitu mengasyikkan dalam menuliskan cerita - ceritanya,

sampai kadang lupa waktu. Biarpun waktu sudah hasis, anak - anak minta ditambah lagi. Pokoknya jika

anak - anak merasa senang, guru  harus terus mengobarkan semangat mereka agar terus

melambungkan bakat dan minatnya. Semua harus berpusat untuk kebutuhan anak.


Nilai - nilai kemanusiaan harus tetap diterapkan dalam pemanfaatan chromebook ini. sebagai contoh

kecil adalah nilai -  nilai kebersamaan, kolaborasi dan komunikasi. Di mana jika ada anak yang masih

kesulitan atau menanyakan sesuatu, guru bisa meminta kepada anak yang sudah bisa untuk menjadi

tutor sebaya. Terjadinya interaksi ini merupakan kodrat alam yang harus selalu dipupuk agar anak anak

bisa menjadi anak -anak yang bermanfaat hidupnya.   


Disinilah peran guru sebagai penuntun. menuntun berbagai kodrat alam dan kodrat zaman anak,

agar anak - anak  bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan tertinggi  sebagai manusia pribadi dan

sebagai anggota masyarakat. Lewat pemanfaatan Chromebook secara maksimal sebagai upayamewujudkan merdekabelajar, KodratZamananak - anak terbuka lebar. Guru berperan mengarahkan kodrat zaman anak -  anak. agar dalam

pemanfaatan commbook dan  teknologi informasi lainnya, tidak kebablasan. Anak -anak tetap pada

koridor nilai - nilai luhur sosial kultural bangsa yang harus dijunjung tinggi - tinggi.


Peran guru sebagai pamong haruslah mempunyai rasa ikhlas terhadap apa yang telah diberikakepada muridnya. Pengabdiannya di dunia pendidikan sebagai panggilan hidupnya, dan dengan

sukarela mengemban tugas dan tanggung jawabnya, selalu berpihak kepada murid agar tumbuh dan

berkembang secara holistik, sesuai bakat dan minatnya. 


Nilai - nilai hasil pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa tidak setiap barang baru itu harus diambil, tetapi

harus dipilih yang benar - benar bermanfaat. Semoga upaya dari pemerintah ini, berhasil dan berdaya

guna untuk mewujudkan merdeka mengajar dam merdeka belajar. Peran guru milenial turut menjadi

taruhan  akan keberhasilan Program Merdeka Belajar, yang pada muaranya adalah untuk

mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa,

dan berakhlak mulia,berkebinekaan global, Bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.


Mari bersinergi, berkarya dan berbakti, dengan peran guru yang optimal, pasti merdeka belajar akan

terwujud dan dapat dirasakan oleh seluruh murid / siswa / peserta didik. tumbuh dan kembangkan

potensi mereka, agar dapat mewarnai dunia, aamiin.

Terimakasih




PROFIL PENULIS


  

 LELY SURYANI, S.Pd.SD Lahir di Desa Berta, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara Menempuh masa Pendidikan  Dasar di SD N II Berta, lulus pada tahun 1985  kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Purwareja Klampok selama 2 tahun,  dan pindah ke SMP Negeri 3 Banjarnegara selama 1 tahun sampai lulus pada tahun  1988.  Pendidikan SMA di  tempuh melalui Pendidikan Kejar Paket C, lulus pada tahun 2004. Setelah itu,  melanjutkan Pendidikan D II PGSD di Universitas Terbuka, lulus pada tahun 2008, kemudian mengikuti Pendidikan S1 PGSD di Universitas Terbuka, lulus pada tahun 2012. Saat ini sebagai guru kelas di SDN 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah.

Semenjak mengikuti kegiatan kepenulisan di bawah asuhan Om Jay dari Pelatihan GMLD Gelombang  1 yang dimulai bulan Oktober 2021 dan sekarang telah selesai  mengikuti Pelatihan Belajar Menulis Gelombang 23.  Sudah berhasil menulis  beberapa buku Antologi dan berpengalaman sebagai Kurator.. Kemudian pada saat ini juga sedang melengkapi buku solo yang berjudul  "Perjalanan  Menembus Langit Cinta dan Cita" serta   6  buah buku Antologi. Tiga diantara buku -  buku tersebut sedang dalam pengajuan ISBN.

Serta satu buku bersama Prof. EKOJI.. masih dalam proses.

MOTTO: Menulislah dengan hati  agar hasilnya berarti


Media Sosial penulis :


1. FB


https://www.facebook.com/profile.php?id=100068809581410


2. IG


https://www.instagram.com/lely.suryanii/


3. BLOGG


http://lelysuryanikreatifinspiratif.blogspot.com


4. KOMPSIANA


https://www.kompasiana.com/lelysuryaniofficial8799/dashboard/setting


5. YT


https://youtu.be/6XZr9XFQYhc


6 TWEET.


@lelysur17426120


Posting Komentar

9 Komentar

  1. terima kasih sdh meramaikan lomba blog satuguru

    BalasHapus
  2. Mantap banget Bun ..menginspirasi

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Mba Sriwulan..
      Salingvmendoakan ya..
      Terimakasih

      Hapus
  4. Masya allah ..tabarakallqhu bunda lely semogq sllu diberi kesehatan dan kesempatan menjadi inspirasi bnyk orng...karyamu bermanfaqt mencerdaskan...aamiin

    BalasHapus